Ketika kita menggunakan media FlashDisk sebagai live-CD Linux, session yang telah kita buat tidak akan di-save. Salah satu solusinya adalah dengan membuat persistent loop pada flashdisk kita. Persistent loop berguna untuk menyimpan session booting kita yang berupa bookmark, wallpaper, setting, email, kontak, software tambahan, maupun screensaver. Image yang dibuat di persistent loop dapat di-restore pada next-booting.

Salah satu cara untuk membuat live CD Linux pada flashdisk+persistent loop dengan mudah adalah dengan menginstall All In One Pendrivelinux 2008.

Berikut pra-syaratnya:

  1. Siapkan Flashdisk >1Gb
  2. Download file AIOPendrivelinux08.zip
  3. PC yang bisa booting via USB
  4. Operating system: Windows
  5. Tool extractor (winrar, winzip)

Berikut Step install All In One Pendrivelinux 2008 pada Windows:

  1. Pastikan USB Flash anda mempunyai format FAT32 atau FAT16
  2. Extract file AIOPendrivelinux08.zip ke Drive USB anda
  3. Klik file makeboot.bat hasil extraksi yang berada di USB FlashDisk (digunakan untuk membuat USB Bootable)
  4. Reboot

Secara default, persistent loop sudah di-create sebesar 256MB. Untuk membuat loop yang lebih besar, pada menu booting pilih Boot Live (non persistent). Kemudian delete file mcnlive.loop pada USB Flash anda. Kemudian create VFAT loop yang baru sesuai kehendak kita.

Pada saat reboot, silahkan pilih booting pertama USB Flashdisk, bisa dengan menekan [del], [F9], [F2],[Enter], [F12} atau [F10]. Disarankan untuk selalu menggunakan user GUEST (biar safe aja)

Login dan Password:

User: guest —- Password: guest

User: root —- Password: root

Tampilan Desktop: