Olimpiade Musim Panas 2008, secara resmi dikenal sebagai Games of the XXIX Olympiad (Pertandingan Olimpiade ke-29), diadakan di Beijing, Republik Rakyat Cina dari 8 Agustus hingga 24 Agustus 2008, dengan acara pembukaan yang diadakan pada pukul 08:08:08 (8 malam lewat 8 menit dan 8 detik – angka 8 diasosiasikan dengan kemakmuran dalam kebudayaan Tionghoa). Beberapa pertandingan, termasuk sepak bola, layar, dan berkuda akan diadakan di kota-kota Tiongkok lainnya. Dengan dilaksanakannya pertandingan berkuda di Hong Kong, ini menandakan kedua kalinya Olimpiade edisi yang sama dituan-rumahi oleh dua Komite Olimpiade Nasional.

Logo :
Logo resmi pertandingan, berjudul “Dancing Beijing” (Beijing Menari), dibentuk berdasarkan karakter kaligrafi “jing”, merujuk kepada kota tuan rumah Beijing. Maskot Beijing 2008 adalah lima Fuwa  (Fuwa :secara harafiah bermakna “boneka-boneka keberuntungan”), masing-masing menggambarkan satu warna pada cincin Olimpiade.

Moto Olimpiade adalah “One World, One Dream” (Satu Dunia, Satu Impian). Olimpiade Beijing akan terdiri atas 302 pertandingan dari 28 cabang olahraga, hanya satu pertandingan lebih banyak daripada Olimpiade Athena 2004.

Maskot :
Fuwa (Fuwa: dalam bahasa Inggris: Friendlies) diperkenalkan sebagai maskot pertandingan oleh Lembaga Nasional Penelitian Bahasa Klasik Tiongkok pada 11 November 2005, pada perayaan 1.000 hari sebelum pembukaan Olimpiade. Fuwa terdiri atas lima anggota: Beibei, Jingjing, Huanhuan, Yingying dan Nini. Kelima maskot menggambarkan ikan, panda raksasa, api, antelop Tibet dan burung layang-layang, dan tiap-tiap maskot mewakili satu dari lima cincin Olimpiade. Nama kelima maskot tersebut jika digabungkan akan membentuk kalimat yang berbunyi Běijīng huānyíng (Beijing Menyambut Anda).

Tempat pertandingan :
Pemerintah RRT bermaksud untuk berinvestasi dalam renovasi dan pembangunan 49 gimnasium dan stadium juga 59 pusat latihan. Karya arsitektural terbesarnya adalah Stadion Nasional Beijing, Stadion Tertutup Nasional Beijing, Pusat Akuatika Nasional Beijing, Olympic Green Convention Centre, Olympic Green dan Pusat Kebudayaan & Olahraga Wukesong Beijing. 2,1 milyar dolar A.S. (RMB 17,4 miliar) dalam penawaran-penawaran dan tender-tender korporat diharapkan mampu membiayai hampir 85 persen biaya konstruksi untuk enam tempat pertandingan utama. Investasi diharapkan dari perusahaan-perusahaan yang mencari hak-hak kepemilikan setelah Olimpiade Musim Panas 2008. Beberapa tempat pertandingan akan dimiliki dan dikuasai oleh Administrasi Umum urusan Olahraga Negara, yang akan menggunakan tempat-tempat pertandingan tersebut setelah Olimpiade sebagai fasilitas-fasilitas untuk tim-tim dan pertandingan-pertandingan olahraga nasional di masa mendatang.

Pada 8 Juli 2005, diumumkan bahwa pertandingan berkuda akan diselenggarakan di Hong Kong akibat ketidakpastian penyakit-penyakit kuda dan kesulitan-kesulitan besar dalam mendirikan kawasan bebas penyakit. Lima tempat pertandingan yang berlokasi di luar Beijing adalah di Qingdao, Hong Kong, Tianjin, Shanghai dan Qinhuangdao.

Menurut Times Online Inggris, lebih dari 300.000 rumah digusur dan warga-warganya direlokasikan untuk kepentingan pembanguanan dalam persiapan Olimpiade 2008. Polisi Beijing menahan banyak orang yang memprotes pengusiran.

Penayangan :

Olimpiade Beijing 2008 akan ditayangkan ke seluruh dunia oleh sejumlah stasiun televisi. Pemegang hak tayang yang telah dikonfirmasikan termasuk:

* Televisi milik negara RRT CCTV, yang lebih dikenal CCTV-5 akan memiliki hak siar eksklusif.
* RRT juga akan men-streaming-kan semua pertandingan di internet melalui China Next Generation Internet
* Channel Seven di Australia
* CBC dan Radio-Kanada dan semua propertinya, disamping dengan TSN dan RDS, di Kanada.
* NBC Universal, dengan NBC dan semua properti kabelnya, di Amerika Serikat.
* BBC di Inggris
* TVRI di Indonesia